Popular Post

Posts

Posted by : YAHYA Friday 21 August 2015



Assalamualaikum,wr,wb.

Konsep DNS

Pada saat anda mengetikkan Http:// www.facebook.com di browser lebtop anda apakah yang sebenarnya terjadi? bagaimana browser tahu  server mana yang akan dia tuju? kunci utamanya adalah DNS. Sistem inilah yang akan menterjemahkan ke domain www.facebook.com alamat ip. Siatem ini pula yang menunjukkan jalan ke server yang mengelola sebuah domain. Boleh kita katakan semua layanan internet menggunakan jasa DNS.Tanpa DNS, kita di haruskan untuk meenghafal semua alamat  IP. Sebagai manusia normal, Anda tentu akan lebih mudah menghafal domain www.facebook.com daripa menghafal alamat IP-Nya.

Domain yang di sebutkan lengkap mulai dari nama host beserta domain-Nya disebut dengan Fully Qualified Domain Nama(FQDN). Contoh-Nya www.facebook.com adalah suatu FQDN Nama hostnya adalah www sedangkan nama domainnya adalah Facebook.com berikut adalah gambaran proses pencarian alamat IP dari FQDN www.facebook.com.

setelah meneriama permintaan dari browser, server DNS resolver akan membaca terbalik dari akhir domain hinggga ke awal domain. domain pertama yang akan dicari adalah domain ROOT. Biasanya,alamay IP domain ROOT sudah tersedia statik pada server  DNS resolver tersebut. pada tahap ini server DNS resolver  akan menghubungi salah satu server  DNS domain ROOT untuk menanyakan element kedua dari domain www.facebook.com yaitu .com, Server DNS resolver menanyakan  alamat selver DNS .Com server DNS ROOT akan mengirimkan alamat IP server DNS domain Com server DNS Resolver menyimpan alamat IP tersebut pada memori cache.

Setelah itu, server DNS resolver kembali meneruskan proses dengan menghubungkan alamat ketiga domain www.facebook.com yaitu com kepada server DNS domain Com tadi. Server DNS domain Com akan memberikan jawaban berupa alamat IP server DNS com lagi-lagi server DNS resolver akan menyimpan alamat IP tersebut ke dalam Cache.

Sekian dulu lainkali saya akan menyambungkan kembali malam pun sudah larut mata pun dah mengantuk,,,,, Salam Sukses.
      Kalau bermanfaat buat org lain jangn lupa di Share dan like ya.

Wassalam........

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © KISAH SIPENULIS BLOG SEO - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -