Popular Post

Posts

Posted by : YAHYA Friday 21 August 2015

Bismillahhirrahmanirrahim.

  Assalamualaikum, wr,wb.

Kali ini saya akan membuat sebuah artikel yang menjelaskan tantang gambas mari ke TKP.

Apa itu Gambas?

Artikel Tentang Application Gambas

Gambas adalah merupakan salah satu bahasa pemograman yang berorientasi pada grafik atau visual, namun begitu dapat juga untuk membuat program text oriented (berjalan di konsul). Model bahasa yang dimiliki oleh Gambas mirip dengan bahasa pemograman visual basic. karena pada dasarnya Gambas memang dibuat sebagaiinterpreter bahasa basic. walaupun mirip dengan visual basic dan file-file sebagai program memiliki kesamaan, Gambas tidak bisa membaca program yang dibuat dengan visual basic. Menurut pembuatannya, hal tersebut takkan pernah dilakukan.

   Gambas diciptakan oleh seorang perancis bernama Benoit Minisini, yang tinggi di daerah sekitar  kota paris. Pria yang lahir tahun 1973 ini memiliki kesenangan dalam pemograman sejak berusia 12 tahun dan telah menjalani pekerjaannya sejak tahun 1997. Bahasa pemograman pertama yang dikuaisainya adalah bahasa Basic pada mesin CPC Amstrad 464, yang kemudian beralih pada  atari 520 STE.

    Telah Banyak bahasa, compiler, assembler  dan interpreter yang di tulis oleh minisi. Kemudian selama menjalani pendidikan di E.P.I.T.A., Minisini menulis interpreter Lisp untuk platfrom Windows 3.1. Selama enam bulan bermain dengan Windows, Minisini Menemukan begitu banyak bugs pada sistem  operasi tersebut.

Walaupun seorang  programer, Minisini juga mempunyai hobby yang berkaitan dengan seni, Hobby tersebut adalah memainkan alat music flute dan bermain teater. Selain itu juga, ia mengikuti pendidikan akting di "Cours Simon" di kota Paris. Hal inilah yang membuat pengembangan Gambas begitu lambat. Walau begitu, Minisini tidak melupakan proyek tersebut, yakni membuat Gambas, sebagai rasa sayangnya pada bahasa Basic.

     Mengapa diberi nama Gambas?

Bila kita mendengar nama Gambas, maka yang terpikirkan adalah sebuah nama yang  aneh dan kurang lazim. lalu mengapa Minisini memberi nama program buatannya dengan nama Gambas?.

     Hampir sebagian besar program yang merupakan  proyek Free dalam platfrom Linux, mengambil nama- nama bintang untuk nama program tersebut. Nama-nama tersebut dapat kita pada program - program sbg :

  • Mozilla.
  • Python.
  • Camel.
  • Bonobo.
  • lynx.
  • dan masih banyak lagi.

    Ketika akan memberi nama pada program buatanya, Minisini menginginkan nama program tersbut merupakan rekursif (perulangan) akronim atau singkatan dari beberapa kata yang  mangandung kata basic. Akhirnya dipilihlah nama Gambas, yang terdapat unsur Kata basic. Arti Gambas sendiri adalah 'Gambas Almost Means Basic'.

Ntara Gambas dan visual basic 

Secara prinsip, Gambas sangat berbeda dengan visual basic. Walaupun memiliki kemiripan dengan bahasa pemograman buatan Microsoft ini, Gambas bukan Clone Visual Basic.

Sekian dulu, waktu yang akan datang akan saya lanjutkan kembali terima kasih udah mengunjungi blog saya jangan lupa ya di Share dan like.

Wassalam............... SALAM KOMPAK INDONESIA


Penulis :  Yunianto

www.infolinux.web.id  


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © KISAH SIPENULIS BLOG SEO - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -